Apa Itu Flowchart

Apa Itu Flowchart ( Diagram Alir ) dan Contohnya

Diposting pada

Apa itu Flowchart

Flowchart Juga disebut bagan alir proses, proses diagram alir.

Variasi: diagram alur makro, diagram alur atas-bawah, diagram alur terperinci (juga disebut peta proses, peta mikro, peta layanan, atau diagram alur simbolik), diagram alur penerapan (juga disebut diagram alur turun-melintasi atau lintas fungsi), diagram alur beberapa tingkat.

Pengertian Flowchart bagan alir atau diagram alir atau adalah gambar langkah-langkah terpisah dari suatu proses secara berurutan. Ini adalah alat umum yang dapat diadaptasi untuk berbagai tujuan, dan dapat digunakan untuk menggambarkan berbagai proses, seperti proses pembuatan, proses administrasi atau layanan, atau rencana proyek. Ini adalah alat analisis proses yang umum dan salah satu dari tujuh alat kualitas dasar.

Elemen yang dapat dimasukkan ke dalam flowchart adalah urutan tindakan, bahan atau layanan yang masuk atau keluar dari proses (masukan dan keluaran), keputusan yang harus dibuat, orang yang terlibat, waktu yang terlibat di setiap langkah, dan / atau pengukuran proses .

Fungsi flowchart

  • Mengembangkan pemahaman tentang bagaimana suatu proses dilakukan
  • Untuk mempelajari proses perbaikan
  • Mengkomunikasikan kepada orang lain bagaimana suatu proses dilakukan
  • Ketika komunikasi yang lebih baik dibutuhkan antara orang-orang yang terlibat dengan proses yang sama
  • Untuk mendokumentasikan suatu proses
  • Saat merencanakan proyek

Prosedur atau Sistem Diagram Alir Dasar

Bahan yang dibutuhkan: Kertas tempel atau kartu, selembar kertas flipchart atau kertas koran, dan spidol serta laptop dengan mengunakan Microsoft Word, Excel, Power Point ketika buat bagan alir program.

  • Tentukan proses yang akan dibuat diagramnya. Tulis judulnya di bagian atas permukaan pekerjaan.
  • Diskusikan dan putuskan batasan proses Anda: Di mana atau kapan proses tersebut dimulai? Dimana atau kapan ini berakhir?
  • Diskusikan dan putuskan tingkat detail yang akan dimasukkan ke dalam flowchart.
  • Lakukan curah pendapat tentang aktivitas yang berlangsung. Tuliskan masing-masing di kartu atau catatan tempel.
  • Atur kegiatan dalam urutan yang benar.
  • Jika semua aktivitas disertakan dan semua orang setuju bahwa urutannya benar, gambar panah untuk menunjukkan alur prosesnya.
  • Tinjau diagram alir dengan orang lain yang terlibat dalam proses (pekerja, supervisor, pemasok, pelanggan) untuk melihat apakah mereka setuju bahwa proses tersebut dibuat secara akurat.

Yang harus dipertimbangkan sebelum membuat bagan alir sistem

  • Jangan khawatir tentang menggambar diagram alur dengan “cara yang benar”. Pada akhirnya, cara yang benar adalah cara yang membantu mereka yang terlibat memahami prosesnya.
  • Identifikasi dan libatkan semua orang yang terlibat dalam proses pembuatan diagram alir. Ini termasuk pemasok, pelanggan, dan supervisor. Libatkan mereka dalam sesi diagram alur yang sebenarnya dengan mewawancarai mereka sebelum sesi dan / atau dengan menunjukkan kepada mereka diagram alur yang berkembang di antara sesi kerja dan mendapatkan umpan balik dari mereka.
  • Jangan menugaskan “ahli teknis” untuk menggambar diagram alur kerja. Orang yang benar-benar melakukan proses harus melakukannya.

Contoh Flowchart dan Penjelasannya dengan Simbol yang digunakan

1. Jenis Diagram Alir Tingkat Tinggi untuk Proses Pengisian Pesanan

Apa Itu Flowchart

 

2. Contoh flowchart secara mendetail dan hubungan antar simbol

Apa Itu Flowchart

3. Penjelasan Lengkap simbol flowchart dan fungsinya agar anda ketahui membuat aliran kerja dengan proses secara mendetail

Apa Itu Flowchart
Simbol urutan prosedur
  1. Step : Satu langkah dalam prosesnya. Langkahnya tertulis di dalam kotak. Biasanya, hanya satu anak panah yang keluar dari kotak.
  2. Connector : arah aliran diagram alir Arah aliran dari satu langkah atau keputusan ke langkah lainnya.
  3. Diamond : langkah keputusan diagram alurKeputusan berdasarkan pertanyaan. Pertanyaannya tertulis di berlian. Lebih dari satu panah keluar dari berlian, masing-masing menunjukkan arah proses yang diperlukan untuk menjawab pertanyaan tertentu. (Seringkali jawabannya adalah “ya” dan “tidak”.)
  4. Setengah lingkaran : tunda atau tunggu
  5. Lingkaran : link diagram alur ke halaman atau diagram alur lainTautkan ke halaman lain atau diagram alur lain. Simbol yang sama di halaman lain menunjukkan bahwa aliran berlanjut di sana.
  6.  input atau output
  7. simbol dokumen
  8. persegi panjang bulat atau oval – Diagram alur titik awal dan akhir

 

Sekian Penjelasan tentang apa Itu Flowchart ( Diagram Alir ) dan Contohnya. Semoga dengan pembahasan tersebut dapat dipahami dengan baik.