apa itu ssd

Apa itu SSD atau Solid State Drive?

Diposting pada

Jika Anda telah mempertimbangkan untuk mengupgrade komputer, berapa pun usianya, mungkin pernah mendengar tentang “SSD” yang brilian atau; “Solid State Drive” dan mungkin bertanya-tanya apa itu SSD?. Baca Juga : Cara menginstal google earth di linux ubuntu

Nah, kami punya jawaban ini untuk Anda!

Apa itu SSD?

SSD saat ini direkomendasikan sebagai pengganti hard drive standar yang disertakan dengan laptop atau komputer. Hard drive standar ini disebut sebagai “HDD” atau; “Hard Disk Drive”. SSD jauh lebih andal dan bekerja jauh lebih cepat daripada HDD. Ini dapat diinstal di Windows atau juga Mac.

Solid State Drive tidak memiliki bagian yang bergerak karena menyimpan data dalam microchip, tidak seperti HHD, yang beroperasi pada piringan berputar untuk membaca data, membuatnya lebih andal.

Seringkali, orang memikirkan memory stick yang terlalu besar ketika menjelaskan apa itu SSD, karena ini juga menyimpan data pada chip. Solid State Drive umumnya dianggap lebih kuat dalam hal menempatkannya di perangkat yang dapat dipindahkan seperti laptop, karena tidak memiliki banyak mekanisme untuk itu.

Selain semua keuntungan yang disebutkan di bawah ini, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat membeli. Satu satunya adalah harganya lebih mahal daripada HDD standar, tapi jika Anda mencari drive baru untuk komputer maka SSD yang harus di pilih. Kami akan beri tahu alasannya di bawah ini!

Banyak komputer yang dibeli hari ini berisi 1 HDD TeraByte (setara dengan 1.024 GigaBytes). Pengguna komputer rata-rata sebenarnya tidak membutuhkan penyimpanan sebanyak itu, jadi sudah pasti layak untuk memasang SSD 250GB, dengan biaya HDD 1TB (jika dibeli langsung), meskipun jauh lebih kecil.

Jadi, izinkan kami memberi tahu Anda keuntungan menjalankan komputer dengan SSD.

  1. Lebih Sedikit Daya : Menggunakan daya lebih sedikit daripada HDD. HDD standar menggunakan sekitar 7 watt dan SSD menggunakan 3 watt. Ini dapat memberi Anda masa pakai baterai tambahan!
  2. Suhu : Karena SSD tidak harus berputar untuk bekerja, jika ini ada di laptop, Anda akan melihat penurunan suhu laptop saat dijalankan. Beberapa memang menjadi cukup hangat saat menjalankan dengan HDD.
  3. Waktu Boot-Up Lebih Cepat : Biasanya mem-boot komputer dalam 10-14 detik, dibandingkan dengan HDD yang melakukan boot dalam 30-40 detik.
  4. Lebih cepat : Dalam hal menyimpan file, ini akan menghemat lebih cepat daripada HDD standar. Dikatakan bahwa kecepatan tulis SSD lebih cepat hingga 30%!
  5. Suara : Ini sangat sunyi dan anda mungkin tidak menyadarinya bahwa Anda meninggalkan komputer Anda. Karena HDD harus berputar untuk beroperasi, umumnya Anda dapat mendengar putaran ini dan kadang-kadang mendengar getaran.

Tentu saja, seperti semua produk lainnya, mungkin bukan solusi untuk Anda.

Jika Anda menginginkan hard disk yang besar untuk menyimpan banyak data dengan harga yang relatif murah, atau hanya menggunakan internet di komputer untuk menjelajah dan tidak benar-benar membutuhkan komputer yang sangat cepat, HDD sangat cocok untuk anda.

Namun, jika Anda mulai memperhatikan bahwa komputer mulai berjalan lambat dan baru beberapa tahun sejak Anda membelinya, maka jangan khawatir tentang memutakhirkan seluruh komputer Anda! Solid State Drive akan menjadi solusi sempurna untuk mempercepat komputer Anda.

Nah, sudah tahu kan apa keunggulan dari SSD!

Hal hebat terakhir tentang membeli Solid State Drive dan meningkatkannya juga adalah jika membeli komputer baru, Anda dapat mentransfer SSD dari komputer lama ke komputer baru yang Anda beli.

Jadi, itulah penjelasan lengkap seputar kenapa harus memilih SSD dibanding HDD. Apalagi jika anda seorang yang berkecimpung di dunia kerja yang mengharuskan menggunakan komputer yang cepat, maka inilah pilihan yang utama.

Tinggalkan Balasan