Cara Membuat Flowchart di Excel

Diposting pada

Cara membuat Flowchart di Excel – Jika Anda sering mendapat tugas atau proses dalam bentuk bagan dari dosen atau pimpinan, maka sangat bagi anda mengetahui pentingnya diagram alir dengan baik. Pada postingan sebelumnya kami sudah menulis panduan’ Cara Membuat Flowchart di word ‘ dan juga menyajikan panduan komprehensif mengenai arti Simbol diagram alir pada shapes.

Ada dua cara yang mungkin untuk membuat diagram alir di Excel.

  1. Membuat diagram alir dengan bantuan SmartArt.
  2. Buat diagram alir Excel secara manual dengan Shapes.

Nah, jangan khawatir, kami akan membahas kedua teknik tersebut:

Bagaimana Cara Membuat Flowchart di Excel yang benar?

Yang Harus diketahui Sebelum Membuat bagan alir

Sebelum Anda mulai menggambar diagram alur di Excel, Anda perlu melakukan beberapa persiapan agar Excel siap untuk membuat diagram.

a. Buat Grid

Klik sel mana pun di lembar kerja dan tekan Ctrl + A atau klik ikon segitiga di sudut kiri atas lembar kerja untuk memilih semua sel. Klik kanan pada judul kolom (A, B, atau C …) dan pilih Column width.Cara Membuat Flowchart di Excel

Masukkan 2.14 di kotak Column width dan klik OK . Dengan melakukan itu, lebar kolom sel akan sama dengan tinggi barisnya (15 poin) saat font default lembar kerja adalah Calibri dan ukuran font 11.

column width

b. Aktifkan Snap to Grid

Pergi ke tab Page Layout , klik Align dan pilih Snap to Grid .

Fitur Snap to Grid digunakan untuk menjepret bentuk ke irisan grid terdekat sehingga akan mudah untuk memindahkan atau mengubah ukuran bentuk pada grid.

Cara Membuat diagram alir di Excel

c. Setel Page Layout (Opsional)

Pergi ke tab Page layout , pilih Margins , Orientation , Size atau Background untuk membuat modifikasi yang sesuai dengan Page layout.

Jika Anda ingin menyesuaikan diagram alir ke dalam dokumen Word atau arah flowchart dari kiri ke kanan, Anda perlu mengubah tata letak halaman untuk memenuhi kebutuhan Anda.

5 Langkah Membuat Flowchart di Excel

a. Tambahkan Shapes

Setelah membuat grid dan mengaktifkan Snap to Grid , Anda dapat menambahkan bentuk Flowchart di Excel melalui 2 cara.

Pertama, buka tab Insert , klik Shapes dan pilih bentuk diagram alir di daftar drop-down. Setiap bentuk diagram alur memiliki artinya sendiri dan ini adalah cara umum untuk menambahkan bentuk Flowchart di Excel.

Tambahkan shapes

Saat Anda menambahkan bentuk pada kisi, tab Format akan muncul di pita, sehingga Anda dapat menambahkan bentuk dari galeri bentuk di tab Format dengan mengklik bentuk dan menggambar bentuk pada balok.

shapes gallery

Kedua, klik SmartArt pada tab Insert , tunggu kotak dialog SmartArt Grafik muncul dan pilih kategori Process di panel kiri.

smartart graphic window

Faktanya, galeri grafik SmartArt tidak menyediakan bentuk atau simbol diagram alir standar. Namun, karena diagram alur biasanya digunakan untuk memperlihatkan langkah-langkah tugas, proses, dan alur kerja, jadi grafik dari kategori ” Process ” dapat direkomendasikan dan dapat diterapkan untuk memvisualisasikan diagram alur Anda.

b. Tambahkan garis Konektor

Cara kedua dalam membuat Flowchart di Excel dengan Masuk ke tab Insert atau Format , pilih Simbol lines di galeri shapes, lalu kursor berubah menjadi ikon plus . Letakkan kursor di salah satu bentuk yang ingin Anda hubungkan, dan Anda akan melihat titik koneksi abu-abu pada bentuk tersebut.

Klik titik koneksi tempat Anda ingin memulai garis, lalu seret kursor ke titik koneksi lain di bentuk lain dan lepaskan mouse.

Saat Anda berhasil menghubungkan dua bentuk, titik koneksi akan menjadi hijau.

smartart graphic window

Namun, jika koneksi gagal, titik koneksi akan menjadi putih dan Anda perlu menyesuaikan garis ke tempat yang tepat.

c. Tambahkan teks

Untuk menambahkan teks pada bentuk, cukup klik bentuk dan Anda dapat mengedit teks pada bentuk secara langsung atau Anda dapat mengklik kanan pada bentuk dan memilih Edit Text di menu.

Untuk menambahkan teks pada grafik SmartArt, klik ikon panah pada grafik dan ketikkan teks pada kotak dialog.

Tambahkan text

Untuk menambahkan teks pada garis penghubung, tidak semudah menambahkan teks pada bentuk. Anda perlu menambahkan kotak teks terlebih dahulu. Buka tab Insert atau Format , klik Kotak Teks , kursor menjadi ikon plus panjang, dan Anda dapat menggambar dan menambahkan kotak teks di samping garis.

d. Tambahkan Keterangan (Opsional)

Pilih bentuk callout di galeri bentuk dari tab Insert atau Format .

membuat flowchart dengan menambahkan keterangan pada kolom

Pilih bentuk info dan tambahkan di kisi. Seret bentuk info untuk menghubungkannya dengan bentuk diagram alir yang diinginkan.

Jika Anda ingin mengubah posisi titik koneksi tanpa mengubah posisi bentuk diagram alur atau callout, Anda cukup menyeret titik koneksi kuning untuk memindahkan bagian koneksi.

e. Sesuaikan Flowchart

Setelah Anda membuat Flowchart di Excel , Anda dapat memformat bentuk, teks, dan garis konektor dengan opsi format di Excel.

Jika Anda memilih Shape:

Opsi format sebagian besar terletak pada tab Format . The Shape Styles pilihan adalah untuk mengubah gaya bentuk, seperti bentuk fill, warna bentuk garis dan efek bentuk. The WordArt Styles pilihan adalah untuk mengubah gaya teks, termasuk mengisi teks, warna outline teks dan efek teks.

membuat flowchart

Opsi Font dan Perataan di tab Beranda digunakan untuk mengubah font dan gaya perataan teks.

Jika Anda memilih grafik SmartArt:

Alat SmartArt akan diperlihatkan di pita, termasuk tab Desain dan Format . Anda dapat mengubah desain dan format grafik yang dipilih dengan memilih opsi yang sesuai di tab baru ini.

membuat flowchart dengan excel smartart design tab
Itulah tutorial mengenai cara membuat Flowchart di Excel yang anda tiru jika mendapat tugas dari dosen maupun pimpinan. Jika anda sukses membuat bagan alir dengan mempraktekkan panduan diatas, tinggalkan komentar untuk kami!