Membuat Timeline

Cara Membuat Timeline Di Excel

Diposting pada

Apakah anda tahu bagaimana cara membuat Timeline di Excel ? atau belum tahu apa yang di maksud timeline itu sendiri? kalau bgtu baca selengkapnya!

Timeline adalah alat yang menunjukkan informasi dan / atau peristiwa yang diatur dalam urutan kronologis, yaitu sesuai tanggal. Tonggak sejarah dalam suatu proyek, atau peristiwa penting dalam kehidupan seseorang, hanyalah beberapa contoh informasi yang dapat ditampilkan secara grafis melalui Project Timeline. Sebagai Contoh cara membuat jadwal piket dengan excel, rencana kerja, jadwal ibadah, dan sebagainya yang dikemas secara sederhana.

Timeline memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Mengatur informasi dan catatan dalam bentuk yang ringkas.
  • Membantu mengatur dalam urutan prioritas.
  • Membantu dalam berkomunikasi dengan tim Anda secara grafis.
  • Juga membantu tim untuk menunjukkan tanggal terpenting dari peristiwa atau tonggak sejarah, tugas penting, dan tenggat waktu krusial, hanya dengan sekali lihat.
  • Mengelola proyek dan kerja sama tim dengan cara yang sangat efisien.

Baca Juga : Cara menghapus watermark di word 2007, 2010, 2013

Lalu Bagaimana Cara Membuat Timeline Di Excel ?

Timeline di Excel, berupa bagan atau tabel yang menyusun dan menampilkan informasi dalam gaya visual yang disempurnakan.Cara Membuat Timeline Di Excel

Di Microsoft Excel, biasanya ada 2 cara untuk membuat grafik Project Timeline, tergantung versi Excel yang Anda miliki.

Menggunakan PivotTable (Untuk Versi 2013 Dan Yang Lebih Baru)

PivotTable adalah alat yang diperkenalkan pada 2013 – dan kemudian versi Microsoft Excel yang lebih baru. Fungsi paling mendasarnya adalah meringkas data dalam format yang lebih berguna. Berikut adalah contoh dari tutorial resmi Microsoft Excel PivotTable:timeline

Langkah-Langkah Membuat Timeline Menggunakan Tabel Pivot

Sangat membantu untuk memulai dengan templat PivotTable bawaan yang disertakan dalam Microsoft Excel. Ini juga mencakup tutorial, yang dapat membantu Anda dengan dasar-dasarnya, bahkan jika ini pertama kalinya Anda mendengar tentang PivotTable!

Namun, untuk membantu Anda memulai, panduan cara kerja lengkap ini akan sama membantu.

Untuk mulai membuat garis waktu di Microsoft Excel menggunakan fitur PivotTable, ikuti langkah-langkah yang tercantum di bawah ini:

Atur data Anda di PivotTable.

Catatan: Ini adalah langkah penting untuk membantu memanfaatkan fitur pengaturan otomatisnya ke dalam garis waktu.

Untuk membuatnya, klik “Insert” di toolbar utama, lalu pilih “PivotTable“.

pivotable

Klik pada PivotTable.

Cara tersebut akan membuka toolbar “PivotTable Tools” (mirip dengan cara mengklik gambar membuka toolbar “Picture Tools”), di samping toolbar utama.klik analyzeKlik “Analyze“.
Maka akan membuka pita dengan berbagai opsi untuk menyusun, menganalisis, mengurutkan, dan memanipulasi data.

Kemudian klik tombol “Insert timeline“.

Kemudian klik tombol insert timeline

Anda akan melihat pop-up, mencantumkan semua bidang berisi tanggal di Tabel. Tanggal-tanggal ini pada dasarnya harus dalam format tanggal yang benar karena fitur ini tidak mengenali teks. (Anda dapat memilih format tanggal dari opsi “Format Sel” di menu klik kanan untuk setiap sel, kolom, atau baris).

  • Perhatikan juga bahwa “bidang” di PivotTable pada dasarnya adalah “kolom” di spreadsheet biasa.

Pilih kolom yang harus diisi di pop-up ini. Linimasa Anda sekarang telah dibuat.
Sebuah pop-up baru akan muncul, di mana Anda dapat memilih dari beberapa opsi untuk menavigasi timeline yang baru Anda buat dan memfilter data Anda.

tanggal

  • Bergantung pada jenis data Anda, Anda dapat memilih cara memfilter atau ‘membagi’ kolom utama (yang merupakan objek data Anda), dan yang, dalam istilah PivotTable, disebut “bidang nilai”.

Dalam kasus Anda, kolom nilai adalah “kolom tanggal” di data Anda – yang merupakan dasar dari organisasi data dalam timeline.

Anda juga dapat menavigasi timeline Anda tergantung pada penyebaran data Anda, dalam istilah “harian”, “bulanan”, “triwulanan”, atau “tahunan”.

  • Timeline Anda sekarang selesai.

Anda sekarang dapat memeriksa atau menganalisis data Anda dengan, misalnya, mengklik “Bulan” dan memilih salah satu, yang akan menampilkan semua entri yang relevan dengan bulan itu.

Ini mendekati tampilan timeline yang disiapkan:

Timeline telah selesaiSekian penjelasan mengenai cara membuat Project Timeline Di Excel. Semoga apa yang anda pelajari disini bisa anda praktekkan.