menghapus windows

Cara Menghapus Os Windows pada Komputer

Diposting pada

Beberapa pembaca bertanya kepada kami bagaimana cara menghapus Os Windows dari komputer mereka. Mereka ingin uninstall Windows dan mengosongkan drive, beberapa memiliki konfigurasi dual boot dan hanya ingin menyimpan satu versi Windows, dan yang lainnya menjalankan Windows dan Linux.

Pengguna lebih memilih untuk uninstall Windows. Maka dari itu, ikuti semua langkah yang perlu Anda ambil dalam menghapus Os tersebut.

Perhatian: Pastikan Anda telah mencadangkan data di drive tempat Windows diinstal. Jika tidak mencadangkannya saat Windows diinstal, maka akan berisiko kehilangan data jika terjadi kesalahan saat proses penghapusan data.

Baca Juga : Distro Linux Terbaik Untuk Gaming Tahun 2021

Cara menghapus Os Windows 10 & 7

Panduan ini akan menjelaskan bagaimana cara uninstall Os windows hanya satu Sistem Operasi dan dual boot.

1. Cara hapus Windows jika satu-satunya sistem operasi yang diinstal

Jika Anda menginstal hanya satu sistem operasi Windows, maka pencopotannya sederhana. Buat drive recovery USB atau CD / DVD instalasi atau stik memori USB dengan sistem operasi yang ingin Anda gunakan berikutnya, dan boot dari sistem operasi tersebut.

Kemudian, pada layar recovery atau selama penginstalan sistem operasi baru, pilih partisi Windows yang ada dan format atau hapus partisi tersebut seperti pada gambar berikut.Anda juga dapat boot dari disk pemulihan, load Command Prompt, dan kemudian menggunakan diskpart dan format command untuk menghapus atau memformat partisi Windows (s) yang tidak diperlukan lagi. Jika Anda memerlukan bantuan dengan perintah ini atau dengan membuka Command Prompt dari lingkungan pemulihan.

2. Cara menghapus dual boot Windows

Bagaimana jika ada dua windows bagaimana cara menghapus os yang diinstal di komputer yang sama, dan Anda ingin uninstall salah satunya? Sebagai contoh, anggap saja Anda telah menginstal Windows 10 ke dual-boot bersama Windows 7. Anda mungkin ingin menghapus Windows 7 yang lebih lama dan menggunakan ruang yang ditempati oleh Windows 7 untuk membuat partisi baru atau mengubah ukuran partisi Windows 10 yang ada. Bagaimana cara melakukannya? ikuti langkah-langkahnya berikut ini.cara menghapus os windows 7Pertama-tama, hapus entri boot untuk versi Windows yang ingin Anda hapus instalannya. Dalam contoh kami adalah Windows 7. Lakukan tindakan ini dari versi Windows yang ingin Anda pertahankan. Sebagai contoh Windows 10.

Mulai sistem operasi Windows yang ingin Anda pertahankan dan buka system configuration tool. Cara cepat untuk meluncurkannya adalah dengan menggunakan jendela Run. Secara bersamaan tekan tombol Windows + R pada keyboard dan ketik msconfig. Tekan Enter atau klik OK untuk membuka.Dalam Sistem Konfigurasi, buka tab Boot , dan periksa apakah Windows yang ingin Anda simpan disetel sebagai default. Untuk melakukan itu, pilih dan kemudian tekan “Set as default“.cara menghapus os windows 10

Selanjutnya, pilih Windows yang ingin Anda hapus, klik Delete, lalu Terapkan atau OK .cara menghapus windows 7Untuk menguji apakah semuanya baik-baik saja dengan Windows 10 yang dipertahankan, restart komputer dan lihat apakah Anda dapat melakukan booting tanpa masalah.

Jika terjadi sesuatu yang salah dan Anda tidak dapat melakukan boot dengan benar, Anda dapat memperbaiki entri boot menggunakan media instalasi Windows.

Sekarang setelah entri boot hilang, sekarang saatnya untuk menghapus atau memformat partisi yang digunakan oleh Windows yang ingin Anda hapus. Formatlah jika Anda berencana untuk menggunakan kembali partisi tersebut untuk menginstal sistem operasi lain, atau hilangkan seluruh volume jika ingin menggunakan ruang untuk memperluas partisi lain.

Untuk kedua tindakan tersebut, Anda dapat menggunakan Disk management. Buka dengan menekan Windows + X pada keyboard.Di jendela Manajemen Disk , klik kanan atau ketuk dan tahan pada partisi yang ingin Anda hapus dan pilih “Delete Volume” untuk menghapusnya. Kemudian, Anda dapat menambahkan ruang yang tersedia ke partisi lain.cara uninstall os WindowsJika ingin menggunakan kembali partisi yang sama untuk sistem operasi lain, Anda harus memformat partisi daripada menghapusnya. Misalnya, jika Anda ingin menghapus Windows 7 sehingga Anda dapat menginstal sistem operasi lain, pilih partisi tersebut, klik kanan atau ketuk dan tahan di atasnya, lalu klik / ketuk pada Format di menu kontekstual.cara uninstall os Windows

Windows akan memperingatkan bahwa Anda akan menghapus semua data yang disimpan di partisi itu, dan Anda juga mendapatkan peringatan bahwa partisi yang dipilih sedang digunakan. Untuk melanjutkan format, tekan Yes. Setelah Anda melakukannya, Anda dapat melihat bahwa Windows yang ingin Anda copot pemasangannya telah dihapus.

Kesimpulan

Seperti yang Anda lihat, cara uninstall Os Windows tidak sesulit yang anda bayangkan. Siapa pun dapat melakukannya dengan fokus pada langkah-langkah yang dijelaskan di atas. Jika Anda memiliki sesuatu untuk ditambahkan ke panduan kami, tulis komentar untuk kami.