Cara merekam layar di android

Cara Merekam Layar di Android (Screen Record)

Diposting pada

Jika Anda harus menyimpan video permainan atau perlu membagikan video “Tutorial” kepada teman-teman Anda, merekam layar di android adalah cara termudah untuk menyelesaikannya tanpa stres. Meskipun beberapa ponsel yang menjalankan Android 10 dan yang lebih baru memiliki fitur perekam layar bawaan, tidak semua ponsel memilikinya, dan tidak semua orang tahu cara menggunakannya. Terlepas dari apakah ponsel memiliki perekam layar asli atau tidak.

Baca Juga : Cara Melacak Lokasi Nomor Hp Tanpa Diketahui

Cara merekam layar di Android dengan Mudah

Ada banyak solusi yang dapat Anda gunakan untuk merekam layar di hp android, baik itu perekam layar bawaan untuk Android 10 di atas atau beberapa aplikasi perekam layar.

Perekam Layar di Android 10

Salah satu fitur yang diusulkan pada Android 10 beta adalah perekam layar asli. Tapi akhirnya, itu tidak sampai dengan rilis final. Namun, banyak hp Android dari pabrikan seperti TECNO dan Infinix telah menerapkan perekam layar asli yang melakukan pekerjaan tanpa masalah pada ponsel mereka. Jika memiliki perangkat Android 10 ke atas, Anda mungkin tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga untuk merekam layar. Anda dapat melakukan perekaman layar di Android langsung dari panel pengaturan cepat, dan ini akan disimpan sebagai video ke galeri. Berikut cara merekam layar hp :

Langkah 1: Buka panel pengaturan cepat dengan menggesek ke bawah dua kali dari atas layar dan temukan ubin Rekam Layar di sana. Biasanya di baris kedua.

Langkah 2: Dari sana, ketuk ubin rekam Layar dan berikan semua izin yang diperlukan. Setelah itu, Anda dapat mulai merekam dengan aman. Sebuah gelembung akan muncul di layar yang menunjukkan durasi rekaman; Anda dapat mengetuknya untuk menghentikan rekaman dan menyimpannya ke galeri. Cukup mudah bukan!

Cara merekam layar di android

Pada ponsel TECNO dan Infinix, Anda dapat memilih apakah ingin perekaman senyap atau rekaman bersuara, yang mengambil suara dari mikrofon, sebelum memulai perekaman. Mereka bahkan mengambil sedikit dengan membiarkan memilih kualitas video dan menunjukkan sentuhan layar saat merekam. Cukup tekan lama  ubin Rekam Layar untuk melihat opsi.

Baca Juga : Cara Mengembalikan Akun Gmail yang Terhapus

Smart Panel di beberapa ponsel

Jika Anda dapat merekam layar di Android dengan mengikuti metode di atas, Smart Panel adalah cara tercepat untuk memulai perekaman layar, meskipun tidak tersedia di setiap ponsel. Tetapi jika Anda menggunakan smartphone TECNO atau Infinix, itu bonus. Smart panel seperti panel samping (peluncur) tempat Anda dapat melompat ke aplikasi atau pintasan dengan mudah dengan menggeser keluar dari tepi layar. Jika Anda memiliki fitur ini di ponsel, Anda dapat menambahkan fitur rekam layar sebagai jalan pintas untuk memulainya dari mana saja.

Jika Anda memiliki telepon TECNO atau Infinix, tetapi baru mengenal smart panel, Anda harus mengaktifkannya dari pengaturan perangkat terlebih dahulu.

Langkah 1: Untuk mengakses aplikasi, buka dan masuk di pengaturan dan klik Smart Panel untuk mengkonfigurasinya. Setelah itu, Anda akan melihat panel tergantung di sekitar tepi layar, geser keluar untuk membuka Smart Panel.

Langkah 2: Pada smart panel, ketuk Rekam Layar dan pilih opsi perekaman untuk merekam layar.

Langkah 3: Ketuk gelembung mengambang untuk menghentikan rekaman setelah Anda selesai.

cara merekam layar di android

Menggunakan aplikasi pihak ketiga

Selain menggunakan perekam layar bawaan di ponsel Anda, ada beberapa aplikasi perekam layar android yang bisa Anda dapatkan di Play Store yang menawarkan opsi perekaman yang lebih baik. Dan jika Anda tidak memiliki perekam layar asli di ponsel, berikut adalah berbagai cara untuk membuat rekaman layar di ponsel Android Anda.

Google Play Game

Jika Anda aneh merekam layar saat bermain game, maka Anda harus mencoba Google Play Game. Yang menarik dari menggunakan Play Game adalah Anda dapat merekam permainan di Android dengan cuplikan wajah Anda dari kamera selfie. Itu hanya dapat merekam pada kualitas video 720p HD atau 480p SD yang juga dapat Anda edit dan unggah langsung ke saluran YouTube Anda setelah bermain game. Untuk menggunakan fitur ini, Anda harus memiliki Google Play Game di ponsel Anda atau mendownloadnya dari Play Store lalu ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah 1:  Buka Play Game dari laci aplikasi dan pilih game yang ingin Anda rekam dari antarmuka aplikasi.

Langkah 2: Lihat di sudut kanan atas layar dan ketuk tombol Rekam. Sekarang pilih kualitas video untuk hasil rekaman yang baik, lalu ketuk Luncurkan untuk memulai permainan.

Langkah 3: Beri Play Game izin untuk merekam layar dan lanjutkan ke game. Segera setelah permainan selesai diluncurkan, Anda akan melihat gelembung video yang menunjukkan wajah Anda, tombol rekam merah, tombol kontrol video, dan tombol mikrofon. Cukup seret gelembung ke posisi yang sempurna dan ketuk tombol merah untuk mulai merekam permainan Anda. Anda selalu dapat menekan gelembung untuk menampilkan kontrol saat Anda membutuhkannya.

Langkah 4: Setelah selesai dengan permainan, ketuk lagi tombol merah untuk berhenti merekam Video . Video akan disimpan ke galeri Anda. Anda juga dapat mengedit dan berbagi ke YouTube dari sana. Seret gelembung ke tengah layar untuk menghapusnya.

AZ Screen Recorder

Jika ponsel Anda tidak dilengkapi dengan perekam layar asli, AZ Screen Recorder adalah salah satu aplikasi pihak ketiga terbaik yang dapat Anda gunakan untuk merekam layar Anda di Android. Bahkan memungkinkan Anda mengubah keluaran video dengan berbagai cara dibandingkan dengan perekam layar asli. Anda dapat mengubah parameter seperti kecepatan bingkai, kecepatan bit, resolusi layar, dan lainnya di dalam aplikasi. Aplikasi ini mudah digunakan, dan Anda dapat mengontrolnya menggunakan gelembung mengambang atau melalui panel notifikasi. Yang Anda butuhkan hanyalah memberikan aplikasi semua izin yang diperlukan dan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk merekam layar Anda menggunakan AZ Screen Recorder.

Langkah 1: Luncurkan aplikasi di ponsel Anda untuk meluncurkan gelembung mengambang. Sekarang ketuk oranye yang mengambang dan pilih tombol Video . Ketuk MULAI SEKARANG untuk mulai merekam layar.

Langkah 2: Rekaman layar Anda dimulai sekarang. Telusuri semua yang ingin Anda rekam di ponsel, lalu ketuk lagi gelembung oranye untuk menghentikan rekaman layar.

Langkah 3: Setelah menyimpan video, ketuk lagi gelembungnya dan pilih tombol empat persegi beranimasi  untuk meluncurkan antarmuka aplikasi tempat Anda dapat menelusuri dan mengedit video yang direkam. Anda juga dapat mengubah opsi perekaman dari sana agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Screen Recorder from Kimcy929

Aplikasi ini bekerja mirip dengan AZ Screen Recorder. Ini memiliki opsi untuk mengubah frame rate, bit-rate, resolusi, encoder video, dll. Tidak memiliki banyak alat pengeditan seperti AZ Screen Recorder, tetapi memungkinkan Anda memangkas video yang direkam langsung di aplikasi. Untuk memulai, unduh perekam layar pertama dari Play Store dan ikuti panduan sederhana di bawah ini.

Langkah 1: Buka aplikasi dan berikan izin yang diperlukan. Setelah itu, ketuk tombol Rekam biru di bawah layar untuk meluncurkan kontrol mengambang.

Langkah 2: Sekarang masuk ke layar yang ingin Anda rekam dan ketuk tombol Rekam merah untuk memulai. Jika Anda ingin menambahkan rekaman wajah Anda ke video, cukup geser ke bawah panel notifikasi dan ketuk  ikon wajah di notifikasi perekam layar. Anda juga dapat melakukan semacam markup langsung saat merekam layar hp Anda. Untuk melakukan itu, geser ke bawah panel notifikasi sekali lagi dan ketuk tombol pensil .

Langkah 3: Setelah selesai rekam layar, Anda dapat menghentikannya dari panel notifikasi dan akan tersimpan ke galeri.

Aplikasi ini menawarkan banyak opsi untuk mengubah pengalaman rekaman layar Anda. Arahkan ke halaman pengaturan di aplikasi untuk melihatnya.